Bajak Laut Yang Beneran Ada

 

 

Selama ini, kisah mengenai perompak di laut emang seru banget, enggak heran banyak kisah-kisahnya yang dijadiin film. Mulai dari yang paling terkenal kayak Pirates of The Carribean yang sampe 4 volume, terus One Piece, terus juga ada yang kurang terkenal seperti Treasure Planet, Treasure Island, atau The Pirates! In An Adventure with Scientist! Ternyata, karakter-karakter yang ada di film-film yang terkenal itu berdasarkan tokoh nyata lho. Enggak kebayang kan kalau ternyata Jack Sparrow emang pernah hidup? Nih kami kasih beberapa tokoh perompak yang emang berdasarkan kenyataan. Mariiii

 

  1. Blackbeard (Edward Teach)

 

 

Meskipun doi udah sering muncul di TV dan sempet ada series dengan namanya sendiri, Blackbeard baru terkenal setelah muncul di Pirates of The Carribean yang On Stranger Tides. Atau yang doyan One Piece, doi juga muncul dengan nama Marshall D. Teach.

 

 

Enggak nyangka kaaan kalau tokoh ini sebenernya beneran ada?! Nama aslinya Edward Tech, seorang perompak dari Inggris yang terkenal kejam. Dia lahir tahun 1680 dan meninggal pas tahun 1718. Buset, beneran udah ada manusia ya taun segini (menurut lo?!). Laut jajahannya dia ada di wilayah Atlantik dan nama kapalnya Queen Anne’s Revenge. Aneh ya namanya, udah manis Queen Anne, belakangnya Revenge. Kapal ini dia dapet dari ngebajak dari seorang pelaut Perancis dan akhirnya dikasih nama kaya gini. Karena keganasannya di atas laut yang terkenal banget, dia bikin banyak bajak laut dan pelaut lainnya jadi penasaran buat ngalahin dia. Nah, akhirnya di tahun 1718, Alexander Spotwood, gubernur Virginia berhasil nyerang kapalnya Edward Tech dan ngegantung kepalanya di atas kapal. Ck ck ck. Kesel sama orang kok sampe begini. Mesti diajak tabayyun nih sama Uni Fahira Idris. Ini kami kasih gambar yang katanya adalah Edward Tech.

 

 

  1. Davy Jones

 

 

Kalau di Pirates Of The Carribean, dia digambarin jadi perompak yang mukanya penuh dengan tentakel mirip gurita itu lho, kaptennya kapal Flying Dutchman. Nah, dia ini terkenal banget di legenda-legenda para pelaut dari jaman dulu. Enggak tau sebenernya dia beneran ada atau enggak. Diceritainnya, Flying Dutchman dan seluruh awak kapalnya tersesat selama berabad-abad di laut, dan enggak bisa nemuin jalan pulang ke daratan. Flying Dutchman terkenal banget di abad 17an, dan banyak juga pelaut-pelaut di sekitar Laut Karibia yang ngeliat Flying Dutchman ini tiba-tiba muncul setiap habis ada badai di laut. Nah cuma enggak tau deh bener apa enggaknya. Seenggaknya banyak banget catatan-catatan pelaut jaman dulu yang emang pernah liat si Davy Jones dengan Flying Dutchman-nya ada di laut. Hiiihh.

 

  1. Barbarossa

 

 

Atau yang terkenal dengan nama Hector Barbarossa di Pirates of The Carribean. Padahal aslinya doi adalah pembajak laut dari Turki, dengan nama asli Heyreddin Barbarossa atau yang lebih dikenal dengan nama Redbeard. Nah di tahun 1553, dia berhasil naklukin laut di Tunisia dan daerah kekuasaannya dia ada di wilayah Meditterania.

 

  1. Grace O’Malley

 

 

Masih heboh-heboh sama hari Kartini beberapa minggu yang lalu, nih, dia pelaut wanita yang berhasil naklukin laut sekitar Irlandia dan ngejalanin perang selama 9 tahun di laut ngelawan perompak-perompak lainnya. Saking cewek ini berpengaruhnya di laut Irlandia di tahun 1600-an, sampe dikasih nickname The Sea Queen of Connaught. Nah, doi ini pernah dimainin karakternya sama Lucy Lawless, si pemeran Xena. Nah, si Grace O’Malley ini digambarinnya kaya gini:

 

 

  1. Captain Kidd

 

 

Kita-kita sih kenalnya karena One Piece, tapi sebenernya doi adalah William Kidd, yang lahir di tahun 1645 dan meninggal di tahun 1701. Dia adalah pelaut dari Skotlandia dan akhirnya dihukum mati gara-gara tindakan pembajakan yang selama dia lakuin setelah dia menguasai laut di sepanjang India. Dia terkenal sebagai pembajak yang bukan aja nyari kekuasaan, tapi juga ngumpulin kekayaan. Makanya kapal-kapal yang dia bajak enggak pernah yang kecil-kecil atau enggak bermuatan gitu. Nih, gambar aslinya doi

 

 

Itu dulu karakter-karakter bajak laut yang enggak taunya emang pernah ada dan hidup sebagai manusia beneran, bukan cuma karakter di TV. Ya’ gave me rum, Aye!

 

 

TAGS:Serba-serbi




Pramirtha Sudirman

Seorang cewek yang lahir di jaman yang salah. Selalu menganggap dirinya Xena di masa lampau. Berencana untuk bisa renang di semua pantai di muka bumi serta memilihara cheetah. Pendengar musik jazz dan penghitung angka yang baik.


ARTICLE BY Pramirtha Sudirman



TAMBAHKAN KOMENTAR BARU

KOMENTAR

comments powered by Disqus