Kata-Kata Yang Sering Salah Kamu Ucapin

 

Zaman udah makin canggih. Arus globalisasi semakin deras terasa sampe ke ubun-ubun. Globalisasi bikin semuanya serba mudah dan serba cepat, kecuali dapet pacar. Teknologi udah makin canggih. Kemajuan teknologi yang sekarang ini adalah upaya para ahli untuk mengurangi beban hidup dan untuk membahagiakan orang, terutama para jomblo.

 

Kenapa jomblo? Karena jomblo adalah orang yang paling kasihan di jagad perglobalisasian. Orang makin keren karena gadget yang dia punya, tapi langsung dianggap biasa aja pas tau dia itu jomblo. Teknologi yang membahagiakan jomblo adalah social media dan voice command di gadgetnya. Social media? Udah pasti kalian tau itu buat cari jodoh para jomblo. Kalau voice command? Ini adalah aplikasi buat mengomandoi gadget kita sesuai yang kita ucapkan. Bahkan dia bisa diajak ngobrol juga, itulah kenapa jomblo suka banget sama teknologi ini.

 

Sayangnya, voice command yang ada belum mendukung untuk bahasa Indonesia, jadi kita harus pake bahasa Inggris buat pake aplikasi ini. Dan fatalnya, kita sering salah pronounce untuk kata-kata yang populer. Jadi jangan salahin voice command kalian kalau dia gak ngerti apa yang kalian bilang, tapi coba cek dulu pronounce kalian. Kata-kata yang sering salah pronounce kayak di bawah ini...

 

Wi-Fi

Sering pake Wi-Fi kalau lagi nongkrong di café? Nah, pas nanya sama mbak-mbaknya, kalian biasanya bilang, “Mbak, password Wai Fi-nya apa ya?” Sorry guys, itu salah pronounce-nya. Yang bener buat ngomong WiFi adalah “wai fai”. Oke, setelah baca ini, kalian jangan sampai bilang “wai-fi” ke mbak-mbak café lagi ya. Kalo ngomong “wil yu bi may waif?” sih boleh aja, tentunya kalo dia mau.

 

Typo

Salah ketik, atau istilahnya typo sering banget kamu alamin kalau pake HP touchscreen. Hayo ngaku! Tapi taukah kalian kalau typo itu diucapinnya “taypo”, bukan “tipo”? Ini dia yang jadi masalah, kamu sering typo, kadang kamu sendiri gak tau cara baca typo-nya. Sama kayak orang yang sering kepo, tapi gak tau kalau dia itu lagi kepo. Oke, lupakan.

 

Meme

Suka buka 9gag? Suka ketawa liat meme yang ada di sana? Iya, kita hidup di era meme. Ada meme first world problem, forever alone, successfully kid, bad luck Brian, dan lain-lain. Dan yang jadi pertanyaan adalah, gimana cara ngucapin meme, kan? Supaya gak salah, palingan kita bacanya “meme” aja seperti biasa, tapi ada yang sok Inggris ngucapinnya jadi “mimi”, padahal itu salah. Yang bener adalah “meem” (dibaca di Indonesia “mim”).

 

Listening

Yang baru beres ujian pasti tahu banget sama istilah yang satu ini. Gimana nggak, ujian bahasa Inggris kemarin kan pake listening. Sayangnya, yang udah ujian listening masih gak tau cara nyebutin listening. Masih banyak yang bilang “listening” padahal yang bener itu dibacanya “lisening”, jadi huruf “t”-nya gak usah disebut. Kamu yang udah tau, jangan pelit buat berbagi ke temen ya. Kasih tau mereka yang masih tersesat karena bilang “listening”.

 

Ask

Cuma tiga huruf, tapi bikin galau gimana cara nyebutinnya. Iya, si “ask” emang ngeselin. Padahal cara bacanya gampang. Tinggal samain sama yang ditulisnya, “ask”. Tapi naas, yang terjadi adalah kita terlalu sok tahu sampe nyebutnya jadi “aks”. Pasti ada nih yang ngerasa kalau dulu atau mungkin sampe sekarang masih suka bilang “aks”. Hayo ngaku.

 

Thank God atau Thanks God

Jadi yang bener “thank God” atau “thanks God”? Jawabannya adalah... dua-duanya bener, selama dipake di konteks yang bener pula. “Thank God” itu digunainnya buat bersyukur, misalnya, “Thank God I found you.” Jadi bukan, “Thanks God I found you.” Jadi artinya “bersyukur kepada Tuhan aku menemukanmu”.

 

Nah kalo “thanks God” ada satu catatan buat nulis yang bener, yaitu harus disertai koma. Konteks untuk kalimat ini adalah buat kamu ‘ngobrol’ sama Tuhan. Langsung kasih contoh aja ya. “Yes! Gue lulus! Thanks, God!” Jadi arti “thanks, God” itu berterima kasih atau “terima kasih, Tuhan”. Gitu.

 

Bentar-bentar, kayanya kata yang dibahas gak ada hubungannya sama voice command ya? Eh, tapi bisa aja sih berhubungan. Contohnya kalau kamu lagi mau tes listening dari gadget kamu. Atau kalo lagi pengin pamer fitur voice command gadget kamu di depan temen-temen, kan malu kalo salah ucap terus gadgetnya gak ngerti.

 

Itulah beberapa kata yang sering salah pronounce-nya. Sebenernya masih banyak lagi, coba bantu kami buat share juga ke yang lain kata apa yang sering salah pronounce. Yuk ayo kita berbagi! Di kolom comments.

 

 

TAGS:Bahasa




Dara Prayoga

Penulis yang juga suka iseng ngedit tulisan orang. Menggelisahkan banyak hal, terutama yang berhubungan sama kegaulan-kegaulan anak muda. Seorang anak basket, tapi gak digandrungi. Kalo mau tau lebih banyak, cek website pribadinya aja, daraprayoga.com.


ARTICLE BY Dara Prayoga

Review KitKat 4.4



TAMBAHKAN KOMENTAR BARU

KOMENTAR

comments powered by Disqus