Peristiwa Penting yang Terjadi di Dunia pada Bulan Juni

Sebelum Juni berakhir dan kita memasuki bulan baru, yuk kita flashback sebentar ke masa-masa lampau. NYUNYU yakin setelah baca ini kamu jadi lebih pinter dibanding temen-temen kamu yang nggak kenal NYUNYU. Sedap!



1. 1 Juni 1986


Sebuah surat perdamaian dilayangkan oleh sekelompok pelajar Sekolah Dasar dan ditujukan kepada anak-anak di seluruh dunia. Isi surat itu antara lain:

“Orang-orang tua kita memiliki keyakinan yang pasti. Mereka menyayangi kita karena kita adalah anak-anak mereka. Akan tetapi, tidakkah kalian tahu, dunia macam apa yang mereka siapkan buat kita? Jika sedikit saja kesalahan terjadi pada sistem instalasi nuklir, maka kita semua pasti akan mati...”

Nah, surat fenomenal inilah yang akhirnya jadi dasar penetapan tanggal 1 Juni sebagai Hari Anak Sedunia.
2. 3 Juni 1667

Pada tanggal itulah untuk pertama kalinya dalam sejarah kedokteran dan operasi, dokter asal Prancis, Jean Baptist Denis, berhasil melakukan transfusi darah. Keberhasilan operasi transfusi darah ini merupakan lompatan besar dalam ilmu kedokteran karena sebelumnya banyak sekali pasien yang harus kehilangan nyawa akibat kekurangan darah. Nah, buat yang sering donor darah, sekarang jadi tau kan siapa yang berjasa dalam hal transfusi darah?
3. 9 Juni 1870

Siapa yang pernah baca novel Oliver Twist? Filmnya juga ada. Nah, pengarang novel ini namanya Charles Dickens. Dickens dianggap sebagai penulis novel Inggris terbesar pada era Victoria. Karya-karya Dickens umumnya bercerita tentang kebobrokan sosial, ketidakadilan, dan kemunafikan dalam masyarakat. Ia lahir pada 1812 dan meninggal pada 9 Juni 1870. Selain Oliver Twist, karyanya yang lain yang juga terkenal adalah Great Expectations. Great Expectations pernah diangkat jadi film dengan judul yang sama, dan filmnya keren banget. Kamu harus nonton!
4. 20 Juni 1912

Pada hari ini Dokter Kasimir Funk asal Polandia berhasil nemuin kandungan zat yang sangat bermanfaat dalam makanan, dan dikasih nama “vitamin”. Kasimir Funk berusaha mengisolasi dan memisahkan vitamin dari makanan tapi ternyata vitamin yang terpisah efeknya tidak seefektif bila vitamin tercampur dalam makanan secara alami.

 

 




Nyunyu

#nyunyuTEAM!


ARTICLE BY Nyunyu


Enaknya Naik Motor Matic


TAMBAHKAN KOMENTAR BARU

KOMENTAR

comments powered by Disqus